Author

Andy Eka Saputra

Date

3 Jun 2022

Source

Medium

Kenapa Kita Harus Menggunakan October CMS?

Saya pertama kali mengenal October CMS saat bekerja di PT. Duta Digital Nusantara (VhiWEB) pada tahun 2017. October CMS sendiri merupakan sebuah Content Management System (CMS) yang dikembangkan menggunakan Laravel PHP Framework. October CMS sangat mempermudah kita dalam mengembangkan aplikasi yang kita inginkan.

Berikut ini beberapa hal yang membuat kita harus memakai October CMS:

1. Tampilan Backend

Membuat sebuah aplikasi tentunya tidak lepas dari membuat tampilan backend dari aplikasi tersebut. Hal itu biasanya memakan waktu dan resource yang banyak. Berbeda dengan October CMS, kita tidak perlu membuat tampilan dan logika dari awal. Kita hanya perlu mengkonfigurasi yaml file di dalam plugins yang kita buat. Tentunya hal tersebut dapat mengurangi waktu pengembangan dan resource yang digunakan. Misalkan untuk membuat tampilan backend management artikel yang membutuhkan waktu sekitar 1 hari dengan menggunakan 2 developer (frontend dan backend), bisa diselesaikan dalam waktu setidaknya 1 jam menggunakan 1 developer saja (backend).

Fields dan Columns
Tampilan List Model (Columns)
Tampilan Form Model (Fields)

2. Reusable Plugin

Permasalahan yang biasanya dialami oleh seorang developer ketika mengembangkan aplikasi adalah mereka cenderung membuat dari awal meskipun fitur yang dikembangkan itu pernah dikembangkan sebelumnya.

Misalkan Budi pernah membuat fitur artikel di aplikasi A, dan sedang mengembangkan fitur artikel di aplikasi B (asumsi menggunakan Laravel Framework). Secepat-cepatnya Budi dalam mengembangkan fitur artikel di aplikasi B, setidaknya Budi masih butuh untuk membuat struktur database, controller, serta API untuk integrasi ke tampilan, ataupun relasi ke model-model lain.

October CMS mempunyai struktur yang mempermudah hal tersebut. Kita dapat membuat fitur artikel tersebut dalam sebuah plugin, lengkap dengan database, controller, maupun API dalam satu paket dan dapat kita gunakan di project manapun yang kita inginkan. Yang kita perlu lakukan hanya clone plugin-nya (jika disimpan di .git) dan migrasi database-nya.

Selain itu juga October CMS menyediakan market yang di dalamnya terdapat plugin yang pernah dikembangkan oleh orang lain, baik itu open source maupun berbayar. Kita juga dapat menjual fitur yang pernah kita kembangkan di sana.

Stuktur Plugin

3. Flexible and Unique Filesystem

October CMS memiliki fitur filesystem yang menarik. Selain mengimplementasikan filesystem bawaan dari Laravel, konfigurasi dan integrasi filesystem di October CMS sangat mudah. Kita tidak perlu membuat database atau kolom untuk menyimpan path file yang kita upload. Selain itu file yang kita upload otomatis tersimpan pada path dan penamaan yang unique, sehingga orang lain tidak mudah untuk melacak lokasi file kita. Hal yang perlu kita lakukan hanya mengintegrasikan filesystem ke model yang kita inginkan.

Attach 1 Gambar
Attach Banyak Gambar

Sebenarnya masih banyak hal-hal menarik dari October CMS yang belum saya jabarkan di sini. Jika Anda tertarik ingin mencoba menggunakan October CMS, atau mungkin ingin berdiskusi terkait October CMS, saya dengan senang hati dan terbuka untuk menjadi teman diskusi Anda.


Kenapa Kita Harus Menggunakan October CMS? was originally published in VhiWEB on Medium, where people are continuing the conversation by highlighting and responding to this story.

Tell us your story,
we would like to understand
your problem better

Get in Touch
buble chat