Author

Wahyu Muhtiyantoro

Date

3 Jun 2022

Source

Medium

UX Case Study: Cara kami mengubah PLN Mobile. Bagian 1.

Homepage PLN Mobile V.1 dan V.2

Project Brief
Sedikit introduction perusahaan yang akan Saya dan team tangani untuk meredesign aplikasi adalah, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (disingkat PLN) adalah sebuah badan usaha milik negara yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia.

Semakin berkembangnya Aplikasi PLN Mobile ini akan semakin banyak fitur yang akan tampil di dalam Aplikasi ini dan membuat studi kasus PLN Mobile ini terlalu luas, Saya akan membahas dalam beberapa bagian dan bagian pertama ialah enhancement fitur dan tampilan pada halaman awal (Homepage) PLN Mobile.

Identifikasi User
Tahap pertama yang Saya dan team lakukan adalah membuat user persona. Data kami dapatkan dari pihak PLN sendiri yang sudah memetakannya, kami tinggal merangkum hasil research ini dalam bentuk user persona.

Goals
Studi kasus pada bagian halaman awal PLN Mobile ini adalah membuat aplikasi PLN Mobile yang memenuhi kebutuhan semua aspek kelistrikan digunakan dengan mudah dan cepat, Informatif dan juga membuat interface dari aplikasi ini lebih menarik.

User Needs
Dari kesulitan-kesulitan yang user alami pada aplikasi PLN Mobile, Saya dan team menyimpulkan beberapa hal yang dibutukan user, yaitu:

  1. Mengubah interface pada bagian homepage yang menarik dan modern dengan membuat Ecosystem menu dan Shorcut menu untuk mempermudah user menuju fitur yang sering digunakan dengan dengan cepat.
  2. Notifikasi tagihan sebelum jatuh tempo, perkiraan token habis dan informasi pemadaman listrik.
  3. Adanya rewards di tiap fitur awal percobaan.
  4. Pengaturan menu shorcut sesuai kebutuhan User sendiri.

Ideation & Wireframe
Enhancement dimulai dari brainstorming untuk fitur tambahan dihalaman awal PLN mobile.
Gambar dibawah adalah hasil dari pengumpulan ide dan masukan seluruh team dan menghasilkan sketch wireframe seperti ini:

Ideation & Wireframe

Dimulai dari Ideation E-wallet PLN Mobile yaitu Icon Pay. PLN sendiri sudah mempunyai e-wallet sendiri, namun di versi pertama tidak di terapkan pada aplikasi V.1.
Memaksimalkan Icon pay untuk menjadi e-wallet sendiri didalam Aplikasi New PLN Mobile. Kenapa di terapkan pada aplikasi PLN Mobile?

Point 1, PLN akan menjadi Super app yang dimana akan banyak transaksi dilakukan selain transaksi kelistrikan yang mana icon pay sendiri akan mempercepat dan memudahkan user ketika melakukan pembayaran transaksi.

Point 2, tentu ini yang di idam-idamkan para user PLN Mobile, Banyak Promo, seperti potongan harga atau cashback yang bisa dimanfaatkan.

E-Wallet Feature PLN Mobile

Ide berikutnya kami membuat ecosystem Menu untuk mengkategorisasikan fitur-fitur yang terdapat di PLN Mobile dan masing-masing fitur akan mempunyai ecosystemnya sendiri-sendiri (Landingpage).

Ide yang kedua ialah Shorcut menu dan pengaturan shorcut menu kami buat untuk mempermudah user melakukan aktifitas yang biasa dilakukan di PLN Mobile secara cepat (Cth, Pengaduan, Pembelian & pembayaran, Swacam dll).

Ecosystem & Shorcut Menu
All Shorcut Menu

Ide selanjutnya ialah, menampilkan notifikasi penting (Menurut kami) yang seharusnya ada pada Aplikasi PLN mobile, Pemberitahuan pemadaman/gangguan listrik, Tagihan (postpaid dan prepaid) beserta nominal ketika akan jatuh tempo dan pemberitahuan yang lain yang bersifat “penting”.

User Journey Pemberitahuan Pemadaman Listrik

Dan yang terakhir kami mengimplementasi ide terkait permintaan user untuk memperbanyak diskon/promo yang didapat dari penggunaan PLN Mobile. Disini user seperti memainkan gamifikasi menyelesaikan task-task yang harus diselesaikan. Masing-masing task akan mendapatkan kupon undian, Promo, Cashback dan Potongan harga dari PLN mobile.

Memberi promo untuk user tentu harus dapat impact yang baik jg untuk PLN Mobile itu sendiri. Salah satu contoh yang kami terapkan ialah membuat referral, manfaat untuk user sendiri yang berhasil membuat teman/orang lain menginstall aplikasi PLN Mobile akan mendapatkan hadiah promo atau kupon undian dan untuk PLN mobile sendiri akan semakin banyak orang yang mengunduh dan menggunakan Aplikasi PLN Mobile ini.

Referral Page
Task Rewards PLN Mobile

Proses Redesign PLN Mobile ini membutuhkan banyak perhatian dan kerjasama dari berbagai stakeholders yang terlibat. Mohon maaf jika hasil kurang maksimal dalam mengurai proses case study ini. dikarenakan data yang belum atau bahkan tidak bisa di share ke publik kecuali untuk kebutuhan bisnis PLN itu sendiri.

Buat yang penasaran dengan hasil keseluruhannya Aplikasi New PLN Mobile ini sudah bisa di unduh di Playstore maupun App store ya, buat teman-teman silahkan download yaaa!
Berikut Link Downloadnya :

Google Playstore :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123&hl=in&gl=US

App Store :
https://apps.apple.com/nz/app/pln-mobile/id1299581030

Closing
Baik tulisan maupun desain yang Saya dan team buat ini masih sangat jauh dari kata sempurna, karena penulis sendiri masih dalam proses belajar. Segala bentuk saran dan kritik yang membangun, akan sangat direrima, Terimakasih :)

See you on part 2 !


UX Case Study: Cara kami mengubah PLN Mobile. Bagian 1. was originally published in VhiWEB on Medium, where people are continuing the conversation by highlighting and responding to this story.

Tell us your story,
we would like to understand
your problem better

Get in Touch
buble chat